Menyiasati Dapur Sempit Anda Jadi Lebih Fungsional dan Minimalis

Menyiasati Dapur Sempit – Anda punya dapur yang sempit dan bingung cara mengatasinya? Terkadang ukuran rumah yang terbatas membuat kita harus berpikir kreatif dalam menyiasati dapur sempit agar tidak sumpek

Untuk menjaga kenyamanan dapur, penting bagi Anda untuk memiliki ruangan yang cukup agar dapat menyimpan berbagai peralatan dapur dan peralatan makan dengan rapi serta menjaga kebersihan dapur.

Gimana Sih Menyiasati Dapur yang Sempit?

Dalam menciptakan kesan dapur yang lebih luas dan ruang gerak yang cukup saat memasak, diperlukan beberapa trik khusus. Anda dapat memanfaatkan jasa desainer interior atau melakukannya sendiri. 

1. Atur tata letak kabinet

Setiap dapur umumnya dilengkapi dengan kabinet untuk menyimpan peralatan masak dan makanan. Pengaturan kabinet menjadi salah satu hal yang penting dalam merancang dapur yang minimalis.

Pastikan susunan kabinet disesuaikan dengan posisi dan ruang penyimpanannya. Misalnya, pastikan pintu kabinet tidak terhalang oleh objek lain saat dibuka, karena hal ini menandakan kurangnya ruang gerak.

Ketinggian kabinet juga perlu diperhatikan agar tetap mudah dijangkau. Jika kabinet terlalu tinggi dan sulit dijangkau hanya karena upaya untuk menciptakan kesan dapur yang lebih luas, hal tersebut akan memperlambat aktivitas di dapur.

2. Tambahkan “pulau” dapur

Meskipun dapur Anda memiliki ruang yang sempit, Anda masih dapat membuat “pulau” dapur yang ramping untuk area persiapan makanan.

Anda dapat mempertimbangkan penggunaan “pulau” berupa meja yang dilengkapi roda dan dapat dengan mudah dipindahkan saat makan malam telah selesai disiapkan.

3. Maksimalkan ruang lantai dengan sudut meja makan

Salah satu cara lain untuk mengatasi dapur yang sempit adalah dengan memperhatikan struktur dapur itu sendiri.

Jika Anda memiliki sudut makan kecil, pilihlah meja bundar yang dapat memberikan kesan ruang lantai yang lebih terbuka. Selain itu, meja bundar juga dapat menampung lebih banyak orang dibandingkan meja persegi.

4. Pilih peralatan kecil

Satu trik yang sangat berhubungan dengan prinsip penghematan dengan menempatkan peralatan memasak yang diperlukan saja di dapur yang sempit. Pertimbangkan untuk menunda pembelian oven jika Anda tidak sering menggunakannya.

5. Tambahkan papan pasak

Salah satu cara untuk mengatasi dapur yang sempit adalah dengan menambahkan papan pasak. Papan ini dapat memberikan ruang tambahan yang sangat berguna. Bentuknya berupa papan dengan penyangga dan gantungan kecil untuk meletakkan berbagai peralatan masak.

Saat ini, banyak papan pasak yang dijual secara online. Dengan menggunakan papan pasak, Anda dapat menggantung berbagai peralatan seperti gelas ukur, saringan, dan peralatan lainnya yang berkilauan dan cocok untuk dipajang di luar ruang rak.

Yuk segera renovasi ruang dapur anda menjadi lenih fungsional dan minimalis dengan bisa memanfaatkan jasa desain interior profesional, MBD Kontraktor. Wujudkan dapur impian Anda dan konsultasikan gratis disini!

Rate this post
Muhammad Wahyu
Muhammad Wahyu
Chat sekarang!
Konsultasi gratis!
Halo MBD Kontraktor, saya mau tanya tentang Menyiasati Dapur Sempit Anda Jadi Lebih Fungsional dan Minimalis!