Tips Desain Rumah Minimalis ala Jepang, Elegan dan Sederhana

Rumah Minimalis ala Jepang – Siapa sih yang ga terpikat dengan keunikan rumah ala jepang yang tenang dan minimalis? rumah dengan desain interior yang sangat menekankan kesederhanaan, tidak berlebihan dan tidak banyak barang akan memberikan kesan rumah yang nyaman. 

Walaupun di era Globalisasi, Rumah minimalis ala Jepang tetap mempertahankan kebudayaan aslinya seperti rumah mereka yang masih mengandung unsur tradisional, oleh karena itu tidak heran kalau desain unik rumah mereka banyak mencuri perhatian di seluruh dunia.

Di negara asalnya desain interior tersebut berawal dari “zen” yang merupakan filsafat buddha yang menggambarkan keteraturan, harmoni dan relaksasi yang kini dijadikan sebuah konsep arsitektur. Konsep zen sendiri akan membuat ruang rumah lebih menjadi fungsional, karena penghuni hanya dapat meletakkan benda-benda seperlunya saja.

Kalau Anda sedang merencanakan untuk membuat rumah simpel dan minimalis ala jepang yang eksklusif. Kami akan memberikan beberapa tips menarik yang akan mempermudah Anda dalam membuat desain interior dan eksterior rumah ala jepang yang “zentastic”. Simak selanjutnya!

1. Kesederhanaan adalah Kunci

Prinsip Kesederhanaan menjadi inspirasi utama dalam desain interior rumah ala Jepang. Konsep ini berfokus pada penggunaan furnitur yang benar-benar dibutuhkan dan menghindari aksen-aksen yang tidak perlu. Tidak hanya itu ruang terbuka merupakan bagian yang paling identik dengan konsep zen yang akan memberikan kesan ruangan yang luas.

2. Terapkan Harmoni Warna yang Tepat

Dalam menciptakan nuansa Jepang yang kental, anda harus memperhatikan warna-warna yang akan diterapkan didalam ruangan. Pilihlah palet warna yang netral seperti coklat muda, putih atau abu-abu dan senada di dalam satu desain ruang. Untuk memberikan kesan segar dan hidup gunakan aksen warna lembut seperti hijau atau biru muda.

3. Kombinasikan Unsur Alam dan Ruangan yang Terbuka

Karakteristik selanjutnya dalam desain interior rumah ala Jepang adalah dengan jendela ukuran besar yang menghadap ruang terbuka sehingga Anda dan keluarga dapat melihat pemandangan dari berbagai ruangan yang menambah keharmonisan keluarga saat berkumpul di pagi hari sambil minum teh.

Desain rumah ala Jepang selalu memaksimalkan ruangan dengan penggunaan cahaya alami dengan menggabungkan sentuhan unsur modern dan tradisional. Seperti penggunaan sliding door disebut Fusuma  untuk menghemat ruang dan Tatami yaitu lantai tradisional Jepang.

4. Gunakan Furnitur Fleksibel dan Multifungsi

Tujuan dari desain rumah ala Jepang adalah selalu mengedepankan fungsi, dengan memilih furnitur yang multifungsi dan fleksibel sehingga ruangan dapat dimanfaatkan secara efisien. Hal yang paling penting dalam pemilihan furnitur adalah memaksimalkan material yang digunakan untuk menciptakan suasana sesuai dengan keinginan Anda.  

Anda bisa memilih berbagai material seperti kayu, bambu, besi, logam, batu dan kertas ke dalam area seperti kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan dapur.

Dengan segala keunikan dan keindahannya, desain rumah ala Jepang menjadi sumber inspirasi yang tak terbatas. Dalam setiap sudut dan detailnya, desain ini menciptakan harmoni antara fungsi, estetika, dan keseimbangan dengan alam. 

Menariknya, Anda tidak perlu susah payah untuk mendesain rumah ala Jepang impian anda, cukup serahkan saja kepada MBD Kontraktor untuk mewujudkan mimpi anda. Tunggu apa lagi!

Rate this post
Muhammad Wahyu
Muhammad Wahyu
Chat sekarang!
Konsultasi gratis!
Halo MBD Kontraktor, saya mau tanya tentang Tips Desain Rumah Minimalis ala Jepang, Elegan dan Sederhana!