fbpx

Inovasi Jepang: Bangunan Dari Serat Karbon Bikin ‘Kebal’ Dari Gempa?

Inovasi Jepang – Secara geografis Jepang terletak di pertemuan lempeng tektonik utama berada di sepanjang  Ring of Fire. Hal  ini membuat negara Jepang Rawan terkena gempa bumi.

Keadaan ini membuat  Pemerintah Jepang mengajak masyarakatnya untuk  beradaptasi dengan keadaan tersebut. Pemerintah aktif memberikan edukasi dini menyelamatkan diri dari gempa sampai membuat bangunan dengan teknologi infrastruktur khusus anti gempa. 

Salah satunya adalah gedung yang terletak di Kota Nomi, Prefektur Ishikawa di Jepang. Inovasi Jepang ini menggunakan teknologi serat karbon yang mengelilingi gedung yang membuatnya mirip seperti jaring laba-laba. Serat karbon tersebut berfungsi untuk menahan guncangan dari gempa bumi.

Bangunan ikonik ini bernama Fa-bo merupakan kantor milik Komatsu Seiren sebuah produsen kain di Jepang. Bangunan ini dirancang arsitek terkenal di dunia, Kengo Fuma.

Fa-bo selesai dibangun pada tahun 2016 silam dan mendapatkan penghargaan bangunan tahan gempa dari serat karbon untuk pertama kalinya.

Tata letak kantor memang berada di zona aktif rawan gempa, atas kebutuhan tersebut Kuma merenovasi gedung tersebut dengan menambah ratusan serat karbon. Fungsinya adalah sebagai penahan struktur bangunan dari berbagai kondisi alam ekstrim, gempa bumi dan banjir.

Menurut ahli bangunan di Jepang berpendapat walaupun ringan dan lembut, penggunaan serta karbon memiliki kekuatan tujuh kali lebih besar daripada besi dan baja.

Menurut ahli bangunan di Jepang berpendapat walaupun ringan dan lembut, penggunaan serta karbon memiliki kekuatan tujuh kali lebih besar daripada besi dan baja. Pada sisi luar bangunan, terdapat ruang hijau yang menggunakan panel keramik berpori serta saluran penerangan alami pada atapnya.

“Serat Karbon yang keras dan lentur dapat dimanfaatkan akan membuat bangunan tahan gempa”, kata Shun Horiki , arsitek utama proyek tersebut.

Dalam pembangunanya, tim menanam 1031 serat karbon. “Prinsipnya cukup sederhana”, kata Horiki. “Saat bangunan terguncang kesebelah kiri, batang sebelah kanan akan menariknya ke belakang dan sebaliknya”.

Selain itu, Gedung ini menampilkan showroom dan workshop terbuka yang membuat pengunjung semakin tertarik pada kerajinan kain. Viewnya juga tidak kalah menakjubkan, Fa-Bo menawarkan pemandangan indah Gunung Haku.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa tidak ada bangunan yang sepenuhnya “kebal” terhadap gempa bumi. Serat karbon dapat meningkatkan ketahanan struktural dan mengurangi risiko kerusakan, tetapi tidak dapat menjamin  dari semua jenis gempa.

Apakah Anda sedang mencari jasa bangun rumah di medan untuk membangun lahan yang dimiliki ? Anda bisa menghubungi kami disini.

 

Rate this post
Muhammad Wahyu
Muhammad Wahyu
Chat sekarang!
Konsultasi gratis!
Halo MBD Kontraktor, saya mau tanya tentang Inovasi Jepang: Bangunan Dari Serat Karbon Bikin ‘Kebal’ Dari Gempa?!