Mengenal Ciri dan Konsep Gaya Rumah Mediterania

Ciri dan Konsep Gaya Rumah Mediterania- Mendengar kata mediterania, mungkin ada sebagian dari Anda yang belum mengetahui apa itu gaya rumah mediterania? 

Yuk simak lebih lanjut dan baca juga artikel tentang renovasi atau bangun rumah? 

Mediterania adalah sebutan bagi wilayah yang mengelilingi 3 benua sekaligus: Benua Eropa, Benua Asia, dan Benua Afrika. Dengan demikian Arsitektur disekitar kawasan ini memiliki berbagai corak. simak selengkapnya di sini 

Sedangkan gaya rumah pada mediterania adalah gaya rumah yang memiliki ciri khas terletak pada portico dan balkon, portico sendiri merupakan serambi bangunan yang banyak mengaplikasikan elemen dekoratif khas arsitektur, seperti dua tiang di pintu masuk, dan juga ukiran sederhana yang ada di atas tiang. 

Ciri dan Konsep Gaya Rumah Mediterania – Konsep bangunan mediterania terinspirasi dari bagunan yang ada di wilayah Yunani, Spanyol dan Italia. Rumah dengan gaya mediterania umumnya dijuluki dengan konsep rumah yang dekat dengan alam.

Alasannya, hunian dengan gaya ini memiliki lahan tanam yang cukup luas dan terdapat satu bagian dinding yang sengaja ditumbuhi tanaman menjalar. 

Berikut gaya rumah mediterania, berikut konsepnya:

  • Genteng atau atap yang terbuat dari tanah liat

Salah satu yang menjadi ciri utama dari gaya rumah ini terletak pada atapnya yang berwarna coklat kemerahan yang terbuat dari tanah liat, umumnya berbentuk sedikit melingkar bahkan bulat pada salah satu bagian. 

Bentuk atap yang bulat biasanya untuk lantai dua, guna untuk menutup balkon agar terhindar dari hujan dan panas matahari langsung, sedangkan lantai pertama digunakan atap pelana atau segitiga yang tidak terlalu tinggi. 

  • Bentuk Jendela dan pintu 

Rumah mediterania memiliki ciri khas untuk penggunaan pintunya, yaitu berbentuk bulat dan persegi, bahkan jarak jendela yang sangat berdekatan, serta pintu yang biasanya dibuat melengkung dibagian atas serta berukuran besar. 

  • Pilar dan Ukiran yang mencolok 

Gaya rumah ini identik dengan pilar yang berada di depan rumah yang sangat tinggi dan besar, yang bertujuan memberikan kesan yang mewah dan megah, tetapi tidak hanya itu fungsi lainnya sebagai penahan adanya konstruksi.

  • Pemilihan warna yang bertema alami

Berbeda dengan rumah gaya minimalis yang mengusung konsep warna monokrom, rumah dengan gaya mediterania memiliki ciri khas menggunakan warna bernuansa kalem tetapi elegan, seperti coklat, kream, coklat muda, putih gading,dsb. 

Biasanya pemilihan warna akan mengikuti gaya asalnya, misal gaya mediterania yang berasal dari Spanyol akan lebih banyak menggunakan warna putih, sebaliknya jika gaya mediterania yang berasal dari Yunani akan lebih banyak menggunakan warna coklat. 

  • Menggunakan dinding plester 

Konsep bangunan rumah mediterania adalah berdinding plester, bahkan di semua gaya mediterania di berbagai negara, namun ada juga beberapa yang menggunakan dinding yang terbuat dari batu, tanah liat, atau batu alam yang teksturnya agak kasar. 

Tujuan dari penggunaan dinding plester, yaitu agar rumah terhindar dari sinar matahari, hujan dan angin serta suhu panas. Alasannya rumah dengan gaya seperti ini sering ditemukan di wilayah yang sering mengalami perubahan cuaca,

  • Desain Interior 

Konsep yang terakhir, yaitu desain interior dan furnitur yang digunakan rata-rata mengikuti tampilan depan rumah yang mengusung tema yang elegan dan klasik, mulai dari pemilihan kursi, meja makan, sofa, dsb yang didominasi dengan warna gold dan silver. 

 

Nah, Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mempunyai rumah dengan gaya Mediterania

Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah dengan gaya tersebut, Anda bisa mengkonsultasikan kepada kami dan untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi kami di sini

Rate this post
Isa Ermawan
Isa Ermawan

Isa Ermawan adalah seorang ahli kontraktor dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam industri konstruksi. Selain itu, ia juga memiliki latar belakang sebagai arsitek yang sangat membantu dalam memastikan kualitas dan desain bangunan yang dibangun sesuai dengan keinginan klien.

Sejak memulai karirnya, Isa telah berhasil menyelesaikan berbagai proyek konstruksi, mulai dari pembangunan rumah mewah hingga renovasi gedung perkantoran. Ia sangat berpengalaman dalam mengelola proyek secara efektif, memastikan bahwa setiap proyek diselesaikan dengan tepat waktu, sesuai anggaran, dan sesuai dengan standar kualitas yang tinggi.

Dalam setiap proyek yang ia kerjakan, Isa selalu fokus pada kepuasan klien. Ia selalu mendengarkan dengan saksama keinginan klien dan berusaha untuk memberikan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ia juga sangat memperhatikan detail dan kualitas, sehingga setiap proyek yang ia kerjakan akan selalu memenuhi standar kualitas yang tinggi.

Chat sekarang!
Konsultasi gratis!
Halo MBD Kontraktor, saya mau tanya tentang Mengenal Ciri dan Konsep Gaya Rumah Mediterania!